Search
  • Reyno Santosa

Telusuri dan Lacak Kontak Fisik

Untuk mencegah penularan COVID-19 yang semakin luas, cari tahu dengan siapa saja pengidap telah berinteraksi untuk pencegahan lebih awal.


Sumber foto: radarbali.jawapos.com

"Pelacakan kontak akan sangat penting untuk menurunkan laju infeksi, atau R, dan meminimalkan kasus lebih luas," ujar Keith Neal profesor emeritus epidemiologi penyakit menular di Universitas Nottingham dikutip dari Guardian (15/5/2020).


Pelacakan kontak Covid-19

Meskipun terdengar sederhana, namun Neal mengatakan pelacakan kontak untuk virus corona berbeda dengan penyakit-penyakit lain dan menghadirkan tantangan baru. Sebab pelacakan virus ini dinilai jauh lebih sulit untuk mengidentifikasi orang dengan Covid-19. Pasien A yang mungkin tidak menunjukkan gejala, atau mungkin sudah pulih sebelum orang B menunjukkan gejala. "Jadi, penting untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin kasus, sebelum mereka meneruskan infeksi kepada orang lain. Ketika pelacak kontak telah mengidentifikasi C potensial, orang-orang ini diminta untuk mengisolasi sampai mereka diuji, dan tinggal di rumah sampai mereka menguji negatif," kata Neal.


Mengisolasi satu kasus tunggal dapat mencegah seluruh rantai transmisi di masa depan. Inilah sebabnya mengapa melacak, mengisolasi dan menguji orang untuk virus corona sangat penting untuk mengurangi tingkat R atau laju penularan di seluruh populasi. "Meskipun tidak mungkin untuk menemukan semua kasus, tapi semakin banyak kasus yang dilacak kontak, semakin banyak R yang diketahui," ungkapnya.


Sumber: kompas.com


19 views0 comments

Recent Posts

See All